Tips Memotret Menggunakan Kamera HP

Sewa Motor Murah Jogja

Bagi taveller, memotret menggunakan kamera HP sudah lazim dilakukan. Selain karena resolusi kamera sudah tergolong tinggi, juga karena faktor praktis yang menjadi pertimbangannya. Praktis karena hanya dengan satu gadget bisa digunakan untuk bermacam-macam fungsi, telpon, sms, kamera, navigasi, browsing, share di sosial media, dan lain-lain. 

Namun banyak diantara traveller yang menggunakan kamera HP untuk mendokumentasikan perjalanannya, hasilnya terkadang kurang maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain karena fiturnya terbatas dan kurang menguasainya si pemakai dalam memotret sebuah gambar. 

Kami bagikan beberapa tips memotret menggunakan kamera HP. Setelah membaca tulisan ini, kami berharap hasil jepretan kamu bakal nampak lebih bagus dan laris manis di dunia maya. Simak tips-nya!!!

Hindari Penggunaan Digital Zoom
Penggunaan digital zoom akan membuat kualitas foto yang anda hasilkan terlihat pecah dan noise. Hal yang perlu dilakukan adalah mendekatlah pada objek, ambil fokus dan frame yang pas. Jika ingin memperbesar gambar, lakukan secara manual alias tangan anda yang harus mau maju-mundur.

Memotretlah Dalam Kondisi Stabil
Dalam hal ini, kekuatan tangan dalam memegang kamera menjadi satu hal yang penting. Ini karena kebanyakan HP berkamera tidak memiliki fitur antishock yang dapat meminimalisir gerakan pada gambar. Jika susah atau kesulitan dalam menyetabilkan tangan, gunakan bantuan tripod atau benda-benda di sekitar anda sebagai tumpuan untuk membantu agar hasil potret bisa maksimal. 

Memotret Dalam Keadaan Cahaya Terang
Sensor kamera pada HP sangat terbatas terhadap intensitas cahaya yang masuk, maka dari itu sebaiknya anda memotret dalam keadaan cukup cahaya agar hasilnya bisa terang dan tajam. Jika memang keadaan gelap, pakailah bantuan cahaya tambahan agar objek bisa ditangkap oleh sensor kamera HP. 

Jangan Berfikir Foto Akan Di Edit
Jika memotret suatu objek, terlebih menggunakan kamera HP, jangan selalu berfikir bahwa hasil foto akan bisa di edit. Sebisa mungkin hindarilah proses editing, karena sebagus apapun hasil editan, resolusi, ukuran file, dan kualitas foto akan berkurang. Selain itu membiasakan diri untuk tidak bermain editing akan mengasah kemampuan fotografi anda. 

Jangan Sekali Jepret
Perlu dibiasakan bagi anda saat memotret suatu objek, lakukanlah beberapa kali dari sudut yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi hasil yang kurang bagus pada salah satu jepretan mengingat tampilan LCD HP dan komputer PC sangat berbeda. Selain itu juga untuk menghindari kehilangan moment terbaik. 

Hindari Kontak Matahari Langsung
Sangat dianjurkan untuk menghindari kontak langsung antara lensa kamera dengan matahari. Kontak langsung kamera dengan matahari dapat menyebabkan kerusakan pada sensor kamera. Selain itu hasil foto juga kurang maksimal karena intensitas cahaya yang masuk berlebihan. Biasakan menggunakan filter ketika memang harus melakukan kontak langsung dengan matahari.

Pastikan Lensa Kamera Bersih
Kamera HP yang sering dipakai, pasti akan kotor oleh debu dan mungkin saja karena lembab. Untuk itu harus selalu dibersihkan, selain agar hasil gambar lebih bagus dan jernih, juga agar lensa kamera HP tidak cepat rusak karena goresan.

Memotret Mode Landscape dan Portrait
Sering-seringlah mengasah kemampuan fotografi anda dengan mode landscape dan portrait. Ini penting karena mengasah kita untuk tahu situasi kapan harus menggunakan mode landscape atau mode portrait.

Perbanyak Memotret dan Share
Sering-seringlah memotret menggunakan kamera HP untuk mengasah kemampuan fotografi anda sekaligus juga mengetahui seberapa jauh fungsi kamera dan hasil foto pada kamera HP. Setelah anda dapat hasil foto yang bagus, bagikan pada teman anda untuk mendapatkan masukan dan koreksi. 

Back Up dan Siapkan Space Memory
Memory pada kamera HP sangat terbatas, untuk itu anda harus selalu mem-back up file-file foto di HP anda pada media penyimpanan berbeda. Hal ini untuk menghindari kehabisan memory saat anda sedang memotret objek.

Itulah beberapa tips fotografi menggunakan kamera HP agar hasilnya dapat lebih maksimal. Jika anda punya foto-foto bagus dari kamera HP, bisa di share di Twitter kami @JogjaWisata dan pasti akan kami retweet. 

Anda punya tips yang lain? Share yuuuuuk......

0 komentar:

Post a Comment